Rabu, 21 Januari 2015

PERPINDAHAN PANAS (HEAT TRANSFER)

Perpindahan panas merupakan salah satu dari perpindahan energi. Perpindahan panas dapat dibagi menjadi 3 jenis, yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi. Perpindahan panas ini digunakan dalam berbagai macam aplikasi salah satunya penghitungan beban sebuah ruangan atau gedung dalam perancangan Air Conditioner.
KONDUKSI
Konduksi merupakan perpindahan panas tanpa adanya perpindahan zat. Biasanya konduksi terjadi pada zat padat. Contohnya adalah jika kita panaskan sebuah logam di salah satu ujungnya, maka di ujung lainnya akan terasa panas juga.
Hal ini dapat terjadi karena adanya getaran dalam zat padat tersebut. Awalnya molekul-molekul logam yang dipanaskan bergetar terlebih dahulu, namun getaran molekul ini merambat ke arah yang belum bergetar (kea rah ujung lainnya) sehingga bagian yang tidak dipanaskan ikut panas juga.
Besarnya perpindahan panas dengan cara konduksi dipengaruhi oleh luas lermukaan (A), panjang (l), dan perbedaan suhu antara kedua ujung. Semakin besar luas permukaan maka semakin besar perpindahan panasnya begitu pula dengan perbedaan suhu.
Namun, semakin panjang benda tersebut semakin kecil perpindahan panasnya. Dengan kata lain Perpindahan panas berbanding lurus dengan Luas dan Perbedaan suhu, berbanding terbalik dengan panjang/tebal benda. Perhatikan gambar 1.
clip_image002

Gambar 1.
Atau dapat dituliskan:
clip_image003


KONVEKSI
Konveksi merupakan perpindahan panas melalui perpindahan molekul. Biasanya terjadi pada zat yang mengalir (fluida), bias gas atau zat cair. Konveksi dapat terjadi karena adanya perpindahan molekul yang lebih panas. Zat alir (fluida) yang memiliki suhu lebih tinggi massa jenisnya lebih kecil dan menjadi lebih ringan dari pada zat tersbut yang lebih dingin. Akibatnya zat yang panas itu akan bergerak keatas. Contohnya adalah pada saat mendidihkan air, di bagian bawah lebih panas dari pada bagian atas, sehingga air yang berada dibawah bergerak ke atas dan air yang lebih dingin menggantikan posisi dibawah. Besarnya perpindahan panas (kalor) dengan cara konveksi adalah:


RADIASI
Berbeda dengan konveksi dan konduksi, radiasi tidak memerlukan media perantara apapun untuk perpindahan panasnya. Selama ada perbedaan suhu maka ada pada benda tersebut. Besarnya perpindahan panas secara radiasi adalah:
clip_image005

0 komentar: