Kamis, 12 Maret 2015

Aplikasi Ilmu Termodinamika

Pembangkit listrik tenaga uap, merupakan aplikasi ilmu termodinamika mengenai analisa proses energi yang berhubungan dengan panas, kerja, dan sistem. Proses energi yang terjadi berupa konversi energi panas dari bahan baku, dalam hal ini batu bara dan sedikit solar, menjadi energi gerak dan selanjutnya dikonversikan kembali menjadi energi listrik.
Berbagai teori termodinamika mendasari penciptaan pembangkit listrik tenaga uap. Dan berikut saya sebutkan teori2 tersebut:
  1. Hukum2 termodinamika, hukum ke-0, kesatu, dan kedua.
  2. Definisi dari turbin, turbin uap, turbin gas, kompresor, fluida kerja, gas ideal, sistem, energi, gaya, entalpi, entropi, temperatur, tekanan, volume spesifik, masa jenis, panas sensibel, panas laten, konduktifitas termal.
  3. Definisi dari proses isobarik, isotermal, isentropi, adiabatik.
  4. Mengenai perpindahan panas, heat exchanger, aliran panas dalam pipa, aliran panas melalui bidang datar.
Itu hanya sebagian saja dari semua ilmu pengetahuan yang diaplikasikan di PLTU. Masih ada banyak ilmu pengetahuan yang menjadi penunjang. Sebut saja sistem hidrolik, sistem pneumatik, teknologi informasi, logic control system, pompa, dan lain sebagainya.
InsyaAllah saya akan terus berbagi melalui blog ini mengenai hal2 di atas. Terutama saya fokus kepada sisi aplikasi teknologinya. Saya sadar akan ada banyak posting di blog ini. Semoga saya terus diberi kesehatan dan kesempatan untuk terus berbagi.
Amiiiiiiiiinnn..
sumber : 
nisya ulmiah (me)

0 komentar: